A.
PENJELASAN TENTANG KOLABORASI ANTARMUKA OTOMOTIF
MULTIMEDIA
Kolaborasi antar muka ototmotif
multimedia adalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk menciptakan
standarisasi dunia yang digunakan dalam mengatur bagaimana sebuah perangkat
elektronik dapat bekerja. Contoh Komputer dan alat komunikasi kendaraan atau
computer dan radio dalam mobil. Satiap alat elektronik itu harus dapat bekerja
dengan selaras sehingga kendaraan dapat lebih handal.
Setiap perangkat elektronik yang
dipasang belum tentu cocok dengan setiap kendaraan. Perangkat elektronik atau
multimedia bisa saja mengganggu sistem keselamatan dan system-sistem lain di
dalam kendaraan. Itulah kenapa perlu dibentuk standarisasi kolaborasi antarmuka
multimedia.
Automotive Multimedia Interface
Collaboration (AMI-C) sudah memiliki anggota : Fiat, Ford, General Motors,
Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA Peugeot-Citroen, Renault. AMI-C mengembangkan
dan men-standarisasi antarmuka multimedia dan telematika otomotif yang umum
untuk jaringan komunikasi kendaraan. Dan 40 pemasok elektronik mendaftarkan
diri untuk menulis standar. Mereka berpendapat untuk menulis standar diperlukan
waktu selama 2 tahun. Tapi dua tahun adalah masa di telematika. Penyelenggara
elektronik, ponsel, komputer dan peralatan video yang akan menggunakan koneksi
dapat melewati beberapa generasi dalam waktu itu.
Standar-standar akan memungkinkan sebuah
pasar plug-and-play global untuk perangkat elektronik yang akan dipasang di
kendaraan dengan kemudahan yang sama dengan melampirkan pheriperal komputer
pribadi.
Tujuan dari AMIC ini antara lain
menyediakan interface standar untuk memungkinkan pengendara mobil untuk
menggunakan berbagai media, komputer dan perangkat komunikasi - dari sistem
navigasi dan hands-free telepon selular, melalui manusia maju / mesin sistem
antarmuka, termasuk pengenalan suara dan sintesis, untuk dipersembahkan
komunikasi jarak dekat (DSRC) sistem untuk kendaraan untuk infrastruktur
komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu kunci dan diagnostik input /
output.
B.
IMPLEMENTASI DARI OTOMOTIF MULTIMEDIA DALAM BERBAGAI
BIDANG
v Bidang Bisnis
Aplikasi multimedia dalam bisnis
meliputi presentasi, pengajaran, pemasaran, periklanan, demo produk, database,
catalog, instant message dan komunikasi jaringan. Tidak ketinggalan video
conference, yang memungkinkan adanya tatap muka tanpa harus berada didalam
suatu tempat yang sama. Dengan adanya aplikasi multimedia inilah, perusahaan -
perusahaan dapat menjalani bisnisnya lebih lancar. Contoh : Company Profile,
Presentasi Bisnis dan Simulasi atau demonstrasi produk.
v Bidang
Pendidikan
Aplikasi multimedia dalam bidang ini
mengubah proses belajar mengajar yang konvensional menjadi lebih menarik dan
interaktif, sehingga proses belajar – mengajar tidak terlalu monoton seperti
selama ini yang dilakukan di sekolah-sekolah pada umumnya. Contohnya seperti
aplikasi multimedia untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak – anak.
Aplikasi tersebut dapat disisipkan animasi – animasi yang tentunya menarik bagi
anak-anak sehingga dapat membantu meningkatkan minat mereka dalam membaca
maupun belajar hal lainnya.
v Bidang Industri
Menyediakan interface standar untuk
memungkinkan pengendara mobil untuk menggunakan berbagai media, komputer dan
perangkat komunikasi – dari sistem navigasi dan hands-free telepon selular,
melalui manusia maju / mesin sistem antarmuka, termasuk pengenalan suara dan
sintesis, untuk dipersembahkan komunikasi jarak dekat ( DSRC) sistem untuk
kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu
kunci dan diagnostik input / output.
Serangkaian spesifikasi umum untuk
multimedia interface ke sistem elektronik kendaraan bermotor untuk
mengakomodasi berbagai berbasis komputer perangkat elektronik di dalam kendaraan.
Mobil yang sudah menggunakan otomotif multimedia yaitu Toyota, Honda, BMW,
Nissan, Ford dan sebagainya.
Sumber
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar