Minggu, 28 April 2013

Manusia Dan Keindahan

Keindahan
Keindahan berasal dari kata indah, artinya bagus, permai, cantik, elok, molek dan sebagainya. Benda yang mempunyai sifat indah ialah segala hasil seni, (meskipun tidak semua hasil seni indahl, pemandangari alam (pantai, pegunungan, danau, bunga-bunga di lereng gunung), manusia (wajah, mata, bibir, hidung, rambut, kaki, tubuh), rumah (halaman, ta13nan, perabot rumah tangga dan sebagainya), suara, warna dan sebagainya. Keindahan adalah identik dengan kebenaran.

Keindahan Nilai Estetik

Keidahan/Estetik adalah salah satu tata cara dimana cara mengeksperikan sesuatu yang ada dalam tubuh kita menjadi salah satu bagian yang sangat menarik untuk dilihat dari dalam maupun luar . Bagi saya estetik itu sering di dengar dalam berbusana karena jika kita ingin berbusana harus mengetahui kode-kode etik yang harus dilakukan . Manusia dalam keindahan contohnya menjaga alam agar alam ini tetap terawat dan tidak habis dimakan waktu . Keindahan tidak hanya semata-mata untuk dipamerkan tetapi harus di jaga dan harus dirawat .

Keindahan Nilai Estetik
Keidahan/Estetik adalah salah satu tata cara dimana cara mengeksperikan sesuatu yang ada dalam tubuh kita menjadi salah satu bagian yang sangat menarik untuk dilihat dari dalam maupun luar . Bagi saya estetik itu sering di dengar dalam berbusana karena jika kita ingin berbusana harus mengetahui kode-kode etik yang harus dilakukan . Manusia dalam keindahan contohnya menjaga alam agar alam ini tetap terawat dan tidak habis dimakan waktu . Keindahan tidak hanya semata-mata untuk dipamerkan tetapi harus di jaga dan harus dirawat.


Keindahan Dalam Arti Terbatas
Keindahan dalam arti yang terbatas, mempunyai arti yang lebih disempitkan sehingga hanya menyangkut benda benda yang dapat diserap dengan penglihatan, yakni berupa keindahan bentuk dan warna. keindahan tersusun dari berbagai keselarasan dan kebalikan dari garis, warna, bentuk, nada, dan kata-kata. Ada pula yang berpendapat bahwa keindahan adalah suatu kumpulan hubungan-hubungan yang selaras dalam suatu benda dan di antara benda itu dengan si pengamat.

Keindahan Dalam Arti Luas
Keindahan dalam arti luas, menurut The Liang Gie, mengandung gagasan tentang kebaikan. Untuk ini bisa di lihat misalnya dari pemikiran Plato, yang menyangkut adanya watak yang indah dan hukum yang indah: Aristoteles yang melihat keindahan sebagai sesuatu yang baik dan juga menyenangkan; Plotinus yang ber bicara tentang ilmu yang indah dan kebajikan yang indah atau bisa pula disimak dari apa yang biasa dibicar akan oleh orang-orang Yunani mengenai buah pikiran yang indah dan adat kebiasaan yang indah.

Keindahan Dalam Moral Intelek
Nilai keindahan dapat pula disebut nilai estetis, merupakan salah satu persoalan estetis yang menurut cakupan pengertiannya dapat dibedakan menurut luasnya pengertian, yakni: 
a) keindahan dalam arti luas (keindahan seni, keindahan alam, keindahan moral dan keindahan intelektual)
b) keindahan dalam arti estetis murni.
c) keindhaan dalam arti estetis murni.
d) keindahan dalam arti terbatas dalam hubungannya dengan penglihatan. Keindahan dalam arti terbatas dalam hubungannya dengan penglihatan pada prinsipnya mengkaji tentang hakikat keindahan dan kriteria keindahan yang terdapat di alam, dalam karya seni dan benda-benda lainnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar