Zaman pra
sejarah, manusia berkomunikasi dan berinteraksi dengan manusia lain menggunakan
menggunakan simbol-simbol berupa ukiran pada batu, dinding gua, dan lainnya.
Mereka menuangkan ide, pikiran dan pengetahuan ke lingkungannya secara verbal
sehingga komunikasi hanya untuk jarak dekat saja. Lalu, ditemukannya teknologi
cetak yang memudahkan mereka untuk berkomunikasi sehingga informasi yang diberikan
bisa ke banyak orang di wilayah yang luas dengan harga murah. Seiring dengan
perkembangan zaman, seseorang bisa berkomunikasi dengan banyak orang di wilayah
yang berbeda dengan mudah. Bukan saja berkomunikasi, tetapi mereka bisa berbagi
informasi, mengirimkan data, dan sebagainya dengan menggunakan internet berupa
e-mail, media social, dan sebagainya. Adanya komunikasi jarak jauh yang
menyampaikan informasi satu arah dan saling timbal balik antara yang seorang
dengan yang lainnya dengan teknologi informasi ini disebut Telematika.
Istilah
telematika pertama kali digunakan pada tahun 1978 oleh Simon Nora dan Alain Minc dalam bukunya L’informatisation de la Societe. Istilah telematika
yang berasal dari kata dalam bahasa Perancistelematique merupakan gabungan dua kata telekomunikasi dan
informatika.
o
Telekomunikasi : Teknik pengiriman pesan dari suatu tempat ke tempat
lain yang berlangsung secara dua arah serta mencakup semua bentuk komunikasi
jarak jauh.
o
Informatika : Struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem
yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan
data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi.
Pengertian Telematika sendiri lebih mengacu kepada
industri yang berhubungan dengan penggunaan komputer dalam sistem
telekomunikasi. Secara etimologi, Telematika terbagi 2 kata, yang diambil dari
bahasa yunani “tele” (‘jauh’ terutama dalam kaitannya dengan proses produksi
atau merekam) dan “Matos” (turunan dari Yunani machinari atau penemuan, biasanya
diambil dalam konteks ini automation, berarti ‘dengan sendirinya’). Sehingga
Telematika adalah sistem komunikasi jarak jauh yang lebih mengacu kepada
industri yang berhubungan dengan penggunaan komputer dalam sistem
telekomunikasi.
Adapun
fungsi Telematika yaitu
·
Menyampaikan informasi. Telematika ini digunakan untuk
menyampaikan informasi bisa berupa memberikan pengetahuan/wawasan kepada
seseorang ataupun yang lainnya sehingga saling berbagi informasi.
·
Sarana kontak sosial hidup bermasyarakat. Telematika digunakan
sebagai penghubung antarorang di wilayah yang berbeda sehingga adanya interaksi
sosial.
Sejarah
perkembangan Telematika di Indonesia
Berdasarkan
fenomena yang terjadi di masyarakat, perkembangan telematika mengalami 3
periode. Periode pertama pada tahun 1970-an sampai 1980-an disebut periode
rintisan, periode kedua pada tahun 1990-an disebut periode pengenalan, dan
periode terakhir mulai tahun 2000 disebut periode aplikasi.
1. Periode Rintisan
Periode Rintisan berawal dari tahun 1970-an. Perhatian masyarakat
Indonesia yang minim akan perkembangan telematika dan ketersediaan listrik yang
terbatas membuat masyarakat Indonesia menghiraukan pekembangan telematika. Pada
tahun 1980-an, pembelajaran menggunakan teknologi informasi, telekomunikasi dan
multimedia mulai dilakukan. Jaringan telepon, saluran televisi nasional,
stasiun radio nasional dan internasional, serta komputer mulai dikenal di
Indonesia, walaupun penggunanya masih terbatas. Sarana kirim pesan menggunakan
internet atau yang dikenal dengan e-mail pun baru dirintis pada tahun 1980-an.
2. Periode Pengenalan
Periode pengenalan ini berawal pada tahun 1990-an, banyak
masyarakat yang mulai mengenal dan menggunakan teknologi telematika seperti
computer, internet, pager, handphone, teleconference, siaran radio dan televis
internasional – tv kabel Indonesia. Jaringan radio amatir yang jangkauannya
sampai ke luar negeri mulai marak pada awal tahun 1990 ini. Pada tahun 1994,
internet mulai masuk ke Indonesia sehingga penggunaannya bukan saja dari kalangan
pelajar, tapi juga sampai ke perkantoran. ISP (Internet Service Provider)
pertama di Indonesia adalah IPTEKnet, dan pada tahun yang sama, beroperasi ISP
komersil pertama, yaitu INDOnet. Mulai hadirnya televisi swasta seperti RCTI
dan SCTV.
3. Periode Aplikasi
Periode ini pada tahun 2000, pemerintah Indonesia serius
menaggapi perkembangan telematika dalam bentuk keputusan politik. Keputusan
Presiden No. 50 Tahun 2000 tentang Tim Koordinasi Telematika Indonesia (TKTI),
dan Instruksi Presiden No. 6 Tahun 2001 tentang Pendayagunaan Telematika. Pada
periode ini, pertumbuhan mobile phone yang semakin cepat sehingga fungsi yang
ditawarkannya pun terbilang canggih. Muatannya antara 1 Gigabyte, dapat
berkoneksi dengan internet juga stasiun televisi, dan teleconference melalui
3G. Teknologi komputer demikian, kini hadir dengan skala tera (1000 Gigabyte),
multi processor, multislot memory, dan jaringan internet berfasilitas wireless
access point sehingga internet mudah diakses dimana saja.
Pemanfaatan
Telematika
Pemanfaat
telematika yaitu:
·
Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang
dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and
Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang
berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan
menggunakan peralatan telekomunikasi.
·
Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi
Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai
bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile
communication technology).
·
Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk
bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics). Ragam
Bentuk Telematika Ragam bentuk yang akan disajikan merupakan aplikasi yang
sudah berkembang diberbagai sector.
·
Dalam bidang pemerintahan, adanya e-government yang
digunakan untuk administrasi pemerintahan secara elektronik. Badan yang secara
khusus mengurus hal – hal berkaitan dengan telematika yaitu Tim Koordinasi
Telematika Indonesi (TKTI) yang bertugas untuk mengkoordinasikan perencanaan
dan mempelopori kegiatan dalam rangka meningkatkan perkembangan dan
pendayagunaan telematika di Indonesia.
·
Dalam bidang ekonomi, adanya e-commerce. Prinsip dasar dari
e-commerce adalah proses jual beli yang dilakukan secara elektronik melalui
internet. Karena e-commerce ini dapat diakses secara luas dan mudah maka proses
jual belinya pun dengan pemasangan iklan, melakukan pemesanan barang, melakukan
pembayaran dan pengiriman barang.
·
Dalam bidang pendidikan, adanya e-learning. Perkembangan
e-learning didukung dengan banyaknya web bernuansa pendidikan yang dibangun
sehingga memudahkan pengaksesan pendidikan oleh siapapun yang ingin belajar
tanpa dibatasi oleh umur.
Perkembangan
Telematika di Masa yang akan Datang
Seiring
dengan kemajuan teknologi, perkembangan telematika di masa yang akan datang
pasti bertambah pesat sehingga masyarakat harus bisa mengikutinya. Setiap
individu bisa saja mengembangan teknologi telematika ini, asalkan individu
tersebut menaati aturan norma-norma yang ada sehingga tidak merugikan orang
lain. Perangkat komputasi berskala terabyte, penggunaan multicore processor,
penggunaan memory dengan multi slot serta peningkatan kapasitas harddisk multi
terabyte akan banyak bermunculan dengan harga yang masuk akal. Komputasi
berskala terabyte ini juga didukung dengan akses wireless dan wireline dengan
akses bandwidth yang mencapai terabyte juga.
Ada lima
kelompok industry yang berperan besar dalam perkembangan trend telematika ke
depan, diantaranya:
1.
Infrastruktur Telekomunikasi (biasanya resiko bisnis paling besar)
2.
Infrastruktur Internet (biasanya resiko bisnis sedang & rendah)
3. Hosting
service (biasanya resiko bisnis rendah)
5. Content
/ knowledge producer (biasanya resiko bisnis rendah)
Daftar Pustaka :
https://id.wikipedia.org/wiki/Telematika
http://blog.pasca.gunadarma.ac.id/2012/06/22/telematika-dalam-dunia-teknologi-informasi-dan-penerapannya-di-e-commerce-dan-lainnya/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar